5 Cara menurunkan berat badan dengan mudah

01:53
 "
Cara turunkan berat badan, Di bawah ini adalah cara menurunkan berat badan. Diet adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan. "

Keberhasilan diet biasanya diukur dari berapa banyak penurunan berat badan. Menimbang berat badan pun menjadi ritual yang tidak dilewatkan begitu para pelaku diet mulai menjalankan program pelangsingan. 

Namun angka kilogram yang terlihat pada timbangan ternyata tidak selalu merefleksikan apakah diet yang dilakukan berhasil atau tidak. Sebab, banyak faktor yang menyebabkan berat badan seseorang naik atau turun dan ini beberapa di antaranya.

1. Komposisi Tubuh
Berat badan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dalam tubuh manusia terdapat lemak, tulang, otot dan air. Faktor-faktor itulah yang sangat berpengaruh terhadap bobot Anda. Dalam sehari, berat Anda bisa saja turun sebanyak 1-2 kilogram namun esok harinya bisa kembali bertambah.

2. Asupan Makanan dan Minuman
Jika Anda menimbang segera atau satu jam setelah makan, sudah tentu alat timbangan akan menunjukkan perubahan berat badan. Setelah makan, berat badan Anda akan bertambah sekitar 500 gram hingga 1 kg. Sementara segelas air putih yang diminum sesaat sebelum naik timbangan bisa 'menipu' berat badan Anda sebenarnya, menambah 250-500 gram. 

3. Waktu
Berat badan Anda paling ringan saat di pagi hari saat bangun tidur, terutama setelah Anda buang air besar. Sementara di malam hari, berat badan bisa bertambah hingga 1 kg.

4. Pilihan Makanan
Makan berat atau terlalu banyak minum alkohol di malam hari akan menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh. Sehingga ketika bangun di keesokan paginya, berat badan Anda bisa bertambah hingga 2 kg. 

5. Aktivitas Fisik
Jika Anda melakukan latihan kardio dan kekuatan secara rutin, kemungkinan besar tubuh akan mengubah lemak menjadi otot. Seperti diketahui, otot lebih padat daripada lemak sehingga berat badan bisa saja bertambah beberapa gram atau kilogram ketika Anda menimbangnya. 

Begitu banyak faktor yang memengaruhi berat badan, sehingga bobot tubuh Anda sebaiknya tidak dijadikan satu-satunya tolok ukur keberhasilan diet. Menimbang berat badan pun sebaiknya tidak dilakukan setiap hari, karena bisa 'menipu' Anda. 

Seperti dikutip dari Health Me Up, Anda disarankan menimbang berat badan dua minggu atau sebulan sekali saja. Cara ini akan lebih efektif untuk mengontrol perubahan berat badan atau mempertahankan berat badan yang menurut Anda sudah cukup ideal. Selain itu Anda juga perlu menambahkan indikator lain dengan mengukur lebar lingkar pinggang dan penghitungan indeks massa tubuh.

Sekian artikel tentang 5 Cara menurunkan berat badan dengan mudah. Baca juga artikel kami lainnya tentang tips diet sehat

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔