Diet Sehat Ibu Menyusui

23:31
Diet sehat ibu menyusui. Bagi ibu menyusui diet adalah kegiatan yang jarang dilakukan. Banyak ibu menyusi yang takut saat diet. Berikut ini adalah cara dan tips diet sehat ibu menyusui.

Cara Diet untuk Ibu Saat Menyusui


Diet Sehat Ibu Menyusui
Beberapa cara diet sehat yang dapat Anda lakukan saat menyusui adalah:
1. Olahraga
Olahraga atau aktivitas fisik adalah salah satu cara untuk membakar kalori. Lakukanlah olahraga teratur. Beberapa olahraga ringan yang cocok dilakukan saat menyusui adalah yoga, senam, pilates, dan jalan kaki. Lakukan olahraga semampu Anda, jangan terlalu memaksakan diri. Olahraga yang berlebihan juga tidak akan memberikan hasil yang maksimal.
2. Konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Serat dalam buah dan sayur akan membuat Anda tidak cepat merasa lapar, sehingga Anda terhindar dari keinginan untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat. Sementara, vitamin dan mineralnya, akan membuat produksi ASI Anda memiliki kualitas yang baik. Jadi jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayur, masing-masing tiga hingga lima porsi setiap hari.
3. Konsumsi karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks seperti gandum juga akan membuat Anda tidak mudah lapar. Sehingga Anda tidak perlu mengonsumsi banyak camilan. Dengan asupan makanan yang seimbang, maka bukan tidak mungkin untuk mendapatkan tubuh langsing saat menyusui.

Diet sehat ibu menyusui

Diet untuk orang yang menyusui memang berbeda dengan diet yang dilakukan oleh wanita yang tidak menyusui. Hal ini dikarenakan pada saat menyusui anda harus tetap memenuhi nutrisi untuk asi dan anak anda supaya tetap terjaga. Anda tak perlu khawatir, pada kesempatan kali ini saya juga akan memberikan beberapa jenis makanan yang bisa anda konsumsi ketika menyusui untuk tetap memenuhi nutrisi bayi dan membuat berat badan menurun.

Beras Merah
Pada saat melakukan diet, anda harus tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat dan gula anda. sehingga anda tidak mudah lemas dan kekurangan energy pada saat menyusui. Untuk mengganti beras putih yang banyak mengandung lemak dan gula. Anda bisa menggantinya dengan beras merah. Beras merah tidak banyak mengandung gula dan rendah lemak. Jadi tidak membuat berat badan naik. Cara diet saat menyusui dengan menggunakan beras merah ini, memang banyak dianjurkan oleh para pakar diet.

Cara dan Tips Diet Sehat Ibu Menyusui

Daging Sapi Rendah Lemak
Untuk memenuhi nutrisi protein hewani, anda juga harus mengkonsumsi jenis daging-dagingan. Porsinya memang harus dikurangi dan harus menggunakan daging yang rendah lemak. Cara diet sehat saat menyusui ini memang harus dilakukan. Supaya kesehatan anda dan bayi anda tetap terjaga. Selain itu konsumsi daging dapat membantu perkembangan dari bayi anda dan membuat otak semakin pintar.
Anda bisa memilih daging khas dalam dan khas luar yang merupakan jenis daging yang lemaknya sedikit. Selain itu ketika mengolahnya jangan menggunakan minyak yang kandungan lemaknya tinggi.
Air Putih Dan Buah
Untuk ibu menyusui memang harus tetap konsumsi susu menyusui, untuk membantu produksi asi. Tetapi selain itu anda juga harus tetap perbanyak konsumsi air putih dan buah. Air putih akan membantu sistem metabolisme di dalam tubuh lancar dan mengeluarkan toksin di dalam tubuh.
Sedangkan buah-buahan akan membantu pemenuhan nutrisi di dalam tubuh anda. jadikan buah sebagai pengganti cemilan sehari-hari. Jadi anda tetap merasa kenyang. Tips diet saat menyusui ini sangat praktis dan mudah untuk dilakukan.
Ibu menyusui memang membutuhkan lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan wanita yang tidak menyusui. Hal ini dikarenakan pada saat menyusui ada banyak sekali kalori yang terbuang. Oleh karena porsi dan pola makan yang baik akan membantu anda tetap sehat. Jangan makan cemilan yang banyak mengandung karbo.
Lebih baik diganti dengan konsumsi salad buah atau sayuran. Ini tetap membuat anda kenyang tetapi tidak membuat gemuk. Demikian sedikit yang bisa saya jelaskan mengenai diet saat menyusui yang benar.

Terima kasih telah membaca artikel Cara dan Tips Diet Sehat Ibu Menyusui. Baca juga artikel sebelumnya tentang Diet Sehat Golongan Darah O.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔