Diet Sehat ala Rasulullah Terbaru 2016 !!!

19:59

Diet Sehat ala Rasulullah Terbaru 2016 !!!Diet Sehat ala Rasulullah Terbaru 2016 !!! - Diet Rasulullah menyebabkan beliau Rasulullah SAW tak pernah sakit perut sepanjang hayatnya karena pandai menjaga makanannya sehari-hari. Insya Allah kalau anda ikut diet Rasulullah ini, anda takkan menderita sakit perut ataupun keracunan makanan.

SALAH satu rasa takjub yang terungkap pada sosok Nabi Muhammad SAW adalah ketangguhan fisiknya dan sehatnya yang prima. Kondisi sakit berat cuma didapati beliau menjelang ajal semata, selebihnya selalu dalam keadaan stabil. Dengan selalu berada dalam kondisi puncak, beliau senatiasa beraktivitas secara maksimal dengan hasil yang memuaskan. Nabi Muhammad SAW berhasil memanusiawikan tubuhnya dengan menjauhi kebiasaan yang bisa merusak serta tidak melakukan eksploitasi terhadap tubuh sendiri. Beliau tidak pernah rakus dengan makanan, tidak menjalani gaya hidup sembarangan dan tidak semena-mena terhadap tubuh yang merupakan amanah Allah SWT.

Prof. Dr. Musthofa Rhomadon, sebagaimana yang dikutip pada buku Panduan diet ala Rasulullah, mengemukakan gambaran pola hidup sehat Rasulullah berdasarkan riwayat terpercaya:

  1. Asupan awal Rasulullah adalah udara segar di subuh hari. Beliau bangun sebelum subuh dan melaksanakan shalat qiyamul lail. Para pakar kesehatan menyatakan bahwa udara sepertiga malam terakhir itu sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori zat-zat lain. Ini sangat besar pengaruhnya bagi vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama sehari penuh.
  2. Di pagi hari, Rasul menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Siwak mengandung flour alami yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi dan gusi. Apabila mulut dan gigi sakit, biasanya proses konsumsi makanan menjadi terganggu.
  3. Di pagi hari pula, Rasul sarapan dengan segelas air putih dan madu yang berperan sebagai obat.
  4. Waktu Dhuha, Rasul makan tujuh butir kurma ajwa' (matang) yang bisa menetralkan racun.
  5. Menjelang sore, menu Rasul adalah cuka dan minyak zaitun, ditambah makanan pokok roti. Menu ini berfungsi mencegah kanker dan menjaga stabilitas suhu tubuh di musim dingin.
  6. DI malam hari, menu utama Rasul adalah sayur-sayuran yang memiliki kandungan zat menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit. Usai santap malam, beliau melakukan aktivitas sejenak guna memberi kesempatan makanan dicerna lambung. Rasul tidak langsung tidur saat perut kenyang.
  7. Rasul selalu menyempatkan diri olah raga bersama anak, cucu, dan istri. Beliau tidak suka begadang. Kebiasaannya lekas tidur supaya bisa cepat bangun.
Dengan konsisten menerapkan pola hidup sehat, Rasul menunjukkan rasa syukur dan tanggung jawab. Keshatan tubuh untuk kebaikan dirinya, kelancaran perjuangannya dan rasa hormatnya pada Allah SWT yang memberinya karunia tubuh. Allah memberikan manusia tubuh yang sehat, jangan sampai kita sendiri yang merusaknya. 

Dengan gaya hidup sehat, Nabi Muhammad SAW berkomitmen dengan larangan bunuh diri yang ditegaskan dalam Agama Islam. Bunuh diri itu bukan saja semisal menjeratkan tali di leher sendiri, juga termasuk bunuh diri di meja makan dengan cara menyantap makanan yang merusak badan, bunuh diri di kantor dengan pola kerja yang mengerikan atau bunuh diri di tempat hiburan dengan gaya hidup menyedihkan.

Selaku pengikut setia Nabi Muhammad SAW, kita layak mengikuti pola hidup sehatnya dan menyempatkan diri untuk terus menerus menggali informasi serta mengamalkan model-model mutakhir dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan membangun kesadaran ilahiah dalam menjaga kesehatan tubuh, orang akan lebih arif dan lebih kuat menjaga kualitas dirinya.

Yang mesti dihindari :


Jangan makan SUSU bersama DAGING

Jangan makan DAGING bersama IKAN

Jangan makan IKAN bersama SUSU

Jangan makan AYAM bersama SUSU

Jangan makan IKAN bersama TELUR

Jangan makan IKAN bersama DAUN SALAD

Jangan makan SUSU bersama CUKA

Jangan makan BUAH bersama SUSU (Contoh: KOKTAIL)

Dalam kitab juga melarang kita makan makanan darat bercampur dengan makanan laut. Nabi pernah mencegah kita makan ikan bersama susu, karena akan cepat mendapat penyakit. Ini terbukti oleh ilmuwan yang menemukan bahwa dalam daging ayam mengandung ion (+) sedangkan dalam ikan mengandung ion ( – ), jika dalam makanan kita ayam bercampur dengan ikan maka akan terjadi reaksi biokimia yang akan dapat merusak usus kita.
Salah seorang pakar nutrisi bernama Abdullah Mahmud telah meneliti pola makan sehat ala Rasulullah. Penelitian dilakukan berawal dari rasa penasaran kenapa Rasulullah tak pernah sakit selama masa hidupnya. “Jadi jauh sebelum ilmu nutrisi modern muncul, Rasul sudah melakukannya lebih dulu,” kata dia.
Hasil penelitian Abdullah benar-benar mengagumkan. Bahwa, mengkonsumsi dua jenis makanan yang saling berlawanan membuat metabolisme tubuh melakukan proses negatif. Dampaknya terhadap kesehatan akan dirasakan setelah 10-15 tahun, seperti muncul penyakit jantung koroner. “Memilih jenis makanan yang baik bagi tubuh ini juga bisa disebut diet alaRasulullah,” katanya.

CARA MAKAN :

v JANGAN MAKAN BUAH SETELAH MAKAN NASI, SEBALIKNYA MAKANLAH BUAH TERLEBIH DAHULU, BARU MAKAN NASI.
Dokter juga menganjurkan hal ini. Sebab bila buah dimakan setelah makan nasi, maka di dalam perut buah akan dibusukkan bersama nasi (padahal harusnya nutrisi buah bisa diserap langsung oleh tubuh) yang berakibat timbulnya gas dalam perut, dan menyebabkan kembung.

v TIDUR 1 JAM SETELAH MAKAN TENGAH HARI
Tidur 1 jam setelah makan tengah hari. Ada 1 pengertian dalam hal ini. Pertama, apabila harus tidur setelah makan (siang atau malam), ahli kesehatan juga menganjurkan silahkan tidur setelah usai makan 1 jam lalu. Rasulullah menganjurkan setelah makan sebaiknya kita beraktifitas dahulu, supaya makanan mulai dikonsumsi oleh lambung. Dan aktivitas yang dianjurkan adalah sholat dan berdzikir. Kedua, apabila biasa tidur siang, maka tidurlah selama 1 jam – sampai tiba waktu Ashar. Jadi, tidur dimulai setelah makan siang, yang lalu diikuti dengan sholat Dzuhur atau sebaliknya, sholat Dzhuhur dahulu, lantas makan – kemudian diikuti dengan sholat sunnah dan dzikir, yang artinya mulai tidur siang itu sekitar pukul 14 dan nanti bangunnya sekitar pukul 15, menjelang waktu Ashar.

v JANGAN SESEKALI TINGGAL UNTUK MAKAN MALAM. BARANG SIAPA YANG TINGGAL UNTUK MAKAN MALAM DIA AKAN DIMAKAN USIA DAN KOLESTEROL DALAM BADAN AKAN BERGANDA (maksudnya, jangan makan malam).
Barang siapa yang tinggal makan malam dia akan dimakan usia dan kolesterol dalam badan akan berganda. Ini harus dilihat kebiasaan Rasulullah dalam makan malam. Beliau membiasakan menu utama makan malamnya adalah sayur-sayuran. Itu kunci sehatnya.

v MAKANLAH SEBELUM TERLALU LAPAR, DAN BERHENTILAH MAKAN SEBELUM KENYANG.
Makanlah sebelum terlalu lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang. Rasulullah SAW biasanya hanya makan untuk beberapa suap saja. Namun beliau memang sering makan. Jadi tidak mengikuti pola makan pagi siang malam seperti yang banyak diikuti orang sekarang. Atau, kalau kita ingin mengikuti pola makan zaman sekarang, yang sarapan, makan siang dan makan malam itu, kita bisa menerapkan rumus “sepertiga sepertiga”, yaitu mengisi perut kita dalam komposisi sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk napas. Jadi, jangan terlalu penuh. Sisakan untuk bernapas. Karena perut yang terlalu penuh akan menyulitkan kita dalam bernapas.

SUNNAH CARA MAKAN MENURUT NABI SAW :
1. Makan garam secuil sebelum makan untuk menolak 70 macam penyakit, dan ambil lagi secuil dengan jari manis kanan setelah makan. Makanlah dengan tangan kanan tanpa sendok. Sebaiknya kita yang menunggu makan dan bukan makanan yang menunggu.
2. Berdoa sebelum dan setelah makan. Cuci tangan, dan minum dengan memegang gelas dengan tangan kanan, meskipun tangan tersebut bekas kuah.
3. Duduk dibawah, bukan di bangku dan dimulai dari pinggir dan terakhir ke tengah. Baik sekali makan berjamaah bersama keluarga, maupun teman. Seperti ketika haji atau buka puasa bersama di Masjid dalam satu nampan bisa untuk empat orang.
4. Jangan sisakan sebutir nasipun, karena nasi ini berdzikir.

Al-Quran juga mengajarkan kita menjaga kesehatan seperti membuat amalan antara lain :
1. Mandi pagi sebelum subuh, sekurang-kurangnya se jam sebelum matahari terbit. Air sejuk yang meresap kedalam badan dapat mengurangi penimbunan lemak. Kita boleh saksikan orang yang mandi pagi kebanyakan badan tak gemuk.
2. Rasulullah mengamalkan minum segelas air sejuk (bukan air es) setiap pagi. Mujarabnya Insya Allah jauh dari penyakit (susah mendapat sakit). Makan dengan tangan dan menjilati jemari, bermanfaat buat pencernaan
3. Waktu sholat Subuh disunnahkan bertafakur (yaitu sujud sekurang-kurangnya semenit setelah membaca doa). Kita akan terhindar dari sakit kepala atau migrain. Ini terbuksi oleh para ilmuwan yang membuat kajian kenapa dalam sehari perlu kita sujud. Ahli-ahli sains telah menemui beberapa milimeter ruang udara dalam saluran darah di kepala yang tidak dipenuhi darah. Dengan bersujud maka darah akan mengalir keruang tersebut.
4. Nabi juga mengajarkan makan dengan tangan dan bila habis hendaklah menjilat jari. Ahli saintis telah menemukan bahwa enzyme banyak terkandung di celah jari-jari, yaitu 10 kali ganda terdapat dalam air liur (enzyme sejenis alat pencerna makanan).

Sabda Nabi, Ilmu itu milik Allah SWT “Barang siapa menyebarkan ilmu demi kebaikan, Insya Allah, Allah SWT akan menggandakan 10 kali lipat pahalanya”.

Baca juga artikel sebelumnya tentang 7 Cara Diet Sehat Alami Agar Tubuh Cepat Langsing

Itulah Tips diet sehat ala Rasulullah, kalau kita bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari Insya Allah badan minta sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Semoga tulisan ini bermanfaat.Amin.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔